CC Serta BCC Pada Email? Lalu Apa Fungsinya?

Ketika Anda mengirim email, di bagian bawah penerima email utama, Anda akan menemukan bagian “CC” dan “BCC”. CC berarti “carbon copy” sementara BCC berarti “blind carbon copy”.

Baca juga : Jasa Backlink dan Jasa Backlink PBN

Seperti yang disebutkan oleh How to Geek, pada intinya, CC dan BCC memungkinkan Anda mengirim email kepada orang lain selain penerima utama, meskipun Anda juga dapat memasukkan alamat email penerima lain ke bagian “ke”.

Apa fungsi CC?
CC adalah singkatan dari “carbon copy”. Dengan memasukkan kertas karbon di antara dua kertas, maka ketika Anda menulis di atas kertas, tekanan pena akan membuat apa yang Anda tulis akan disalin ke kertas di bawah kertas karbon. Dengan begitu, Anda tidak perlu menulis dua kali.

Fungsi email CC memiliki fungsi yang sama. CC digunakan untuk mengirim salinan email kepada orang lain.
Bagian “Kepada” dan “CC” memiliki fungsi yang sama. Orang yang alamat emailnya dimasukkan ke dalam kedua bagian akan menerima email yang dikirim dan tahu bahwa orang lain juga mendapat email.

Biasanya, penggunaan CC didasarkan pada email pengiriman etis. Alamat email penerima utama biasanya dimasukkan ke bagian “Kepada”, sementara yang lain perlu mengetahui tentang informasi di email, alamat akan masuk ke bagian “CC”. Namun, tidak ada pegangan yang menggunakan bagian “Kepada” dan “CC”.

Apa perbedaan antara CC dan BCC?
Ketika Anda mengirim email kepada seseorang melalui CC, alamat email penerima akan terlihat oleh semua penerima email. Misalnya, jika Anda mengirim email dengan CC di [email protected] dan [email protected], maka keduanya akan tahu mereka mendapatkan salinan email dari Anda.

Bahkan jika Anda mengirim email menggunakan BCC, penerima email tidak akan tahu bahwa Anda mengirim salinan email kepada orang lain. Misalnya, Anda memasukkan alamat email Budi ke CC dan memasukkan alamat email Ani ke BCC, jadi Joko tidak akan tahu bahwa Ani juga menerima salinan surel, tetapi Ani akan tahu bahwa Joko menerima surel yang dikirim.

CC yang dapat Anda gunakan saat mengirim salinan email kepada orang yang terlibat tetapi bukan penerima utama atau ketika Anda ingin memberi tahu penerima bahwa orang lain menerima email yang sama.

Meskipun BCC dapat digunakan ketika Anda ingin mengirim salinan email yang tidak disadari oleh penerima utama. Misalnya, Anda memiliki masalah dengan teman satu-satu Anda. Anda dapat mengirim email kepada orang tersebut dan mengirim email yang sama ke HRD melalui BCC sehingga teman-teman Anda tidak tahu.

BCC juga dapat digunakan ketika Anda ingin mengirim email ke banyak orang. Dengan menggunakan BCC, Anda akan membuat penerima lain menjadi lebih sulit.